TINJAUAN UMUM
PT Multitrend Indo TBK (MTI) adalah Omnichannel terkemuka di Indonesia dalam kategori bayi & anak-anak yang melayani kebutuhan orang tua di berbagai acara & kategori utama melalui jaringan toko ritel (B2C) dan saluran distribusi (B2B).
Perseroan memegang lisensi untuk berbagai merek ritel dan mengoperasikan divisi distribusi yang melayani pengecer lain dengan kombinasi merek yang dimiliki dan berlisensi. Perseroan mempertahankan kehadiran omnichannel yang kuat, mencakup berbagai situs web merek, lebih dari 30 toko di marketplace , jaringan gerai ritel yang kuat, dan jaringan distribusi pihak ketiga.
Didirikan pada tahun 2005, MTI memulai dengan toko perdananya di Mall Taman Anggrek. Saat ini, MTI mengoperasikan 126 toko ritel yang menampilkan merek-merek ternama seperti Mothercare, ELC, Gingersnaps, The Children’s Place, dan Wilio. MTI juga hadir dalam travel retail di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.
Divisi distribusi MTI mengelola beragam portofolio lebih dari 21 merek global, lokal, dan milik sendiri. Perusahaan telah memperluas jangkauannya ke lebih dari 100 kota dan lebih dari 45.000 titik distribusi di seluruh Indonesia.
MTI tetap berkomitmen untuk fokus meningkatkan taraf hidup pelanggan dan karyawan melalui lingkungan kerja yang positif dan inisiatif pemberdayaan. Pada tahun 2023, MTI dianugerahi penghargaan bergengsi “Perusahaan Terbaik Untuk Bekerja di Asia” oleh HR Asia.
Visi
Menginspirasi dan memperkaya perjalanan hidup (Inspiring and Enriching Life’s Journey)
Misi
Komitmen untuk mempertahankan pelanggan internal dan eksternal, melakukan hal-hal yang memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan melalui saran, ide, dukungan, dan etos kerja yang baik. Untuk memahami dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan memberi mereka yang terbaik.
Untuk beroperasi sebagai tim di mana fungsi yang berbeda bekerja untuk saling membantu untuk menang dan dipersatukan oleh tujuan bersama. Berbagi pemahaman dan kerjasama dalam kelompok. Memiliki jaringan yang luas dan kuat, menghargai perbedaan, dan mencari peluang untuk bekerja sama dalam mengatasi tantangan.
Selalu mencari ruang dan bagaimana menjadi lebih, mencari peluang untuk membuat segalanya menjadi lebih baik. Menggali ide baru, mencari peluang untuk mewujudkannya, dan menantang kemapanan. Ini bukan tentang melakukan lebih banyak, tetapi melakukan hal-hal yang lebih baik.
Kemampuan setiap orang untuk bertanggung jawab, mencari solusi dan mengerjakannya sampai selesai. Ini tentang mengambil kepemimpinan sendiri, mewujudkannya, dan tidak berhenti sampai selesai.
Sebagai Perusahaan retail pakaian bayi dan anak yang terkemuka, Perseroan bergerak di 3 (tiga) bidang utama, antara lain: (i) retail offline; (ii) retail online (iii) distribusi; Informasi mengenai 3 (tiga) bidang utama Perseroan adalah sebagai berikut
Ritel Offline
Perseroan bertindak sebagai pemegang lisensi eksklusif Indonesia untuk merek global bayi dan anak-anak seperti Mothercare, ELC, Gingersnaps dan Wilio dimana Perseroan mendapatkan produk dari prinsipal ini dan menjualnya di toko ritel milik Perseroan di berbagai pusat perbelanjaan.
Merek | Kategori Produk |
Pakaian dan perlengkapan bayi dan anak | |
Mainan edukatif usia 0-5 | |
Fashion anak-anak usia 1-12 yrs | |
Fashion usia 0-5 | |
Barang bermerek di bandara Soekarno Hatta Terminal 3 | |
Fashion laki-laki/perempuan usia 10-15 | |
Kanmo Airport | Toko aksesoris untuk kebutuhan perjalanan |
Toko mothercare
Toko Early Learning Centre
Toko Gingersnap
Ritel Online
Untuk memperkuat jangkauan pelanggan Perseroan, Perseroan telah meningkatkan kehadirannya secara online melalui penjualan produk di situs web dan platform e-commerce di Indonesia. Dengan cara ini pelanggan dapat memilih untuk pergi ke toko atau pengalaman online berdasarkan preferensi mereka.
Distribusi
Selain beberapa merek yang dijual Perseroan di tokonya sendiri, Perseroan menjual produk prinsipal dan produk sendiri di mitra pengecer melalui anak perusahaannya, KMG. Merek-merek tersebut antara lain sebagai berikut: Banz, HEAD, Jazwarez, J&J, MICRO, NUBY, Playgro, TY Brand, YAMATOYA, ZOGGS, PT Actavis Indonesia
PEMASARAN
Penjualan Perseroan dilakukan melalui online dan offline retail yang mecakup kota – kota besar di seluruh Indonesia. Berikut adalah daerah pemasaran dan Distribusi Perseoran:
PENGHARGAAN
Berikut adalah penghargaan yang diterima oleh Perseroan dalam beberapa tahun terakhir hingga Prospektus ini diterbitkan:
Nama Penghargaan | Event | Pemberi Penghargaan | |
Mothercare | Gold Winner : Nipple Cream | 2022 Reader’s Choice Awards | Mother & Beyond |
Mothercare | Silver Winner : Deterrence Stretch Mark | 2022 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Mothercare | Silver Winner : Dan Baby Clothes news | 2022 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Gold Winner : Baby Wipes | 2022 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Bronze Winner : Deterrent Stretchmark Cream | 2022 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Bronze Winner : Treatment Baby & Toddler Hair | 2022 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Bronze Winner : Hand Sanitizer | 2022 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Mothercare | Best Baby Clothing | 2022 Awards | Asian Parent |
Mothercare | Best Family Retailer | 2022 Awards | Supermom |
Mothercare | Data Driven Marketing & Consumer Insights | Indonesia Marketing Excellence Awards 2022 | Capillary |
Momami | Gold Winner : Hand Sanitizer | 2021 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Silver Winner : Nipple Cream & Strechmark Preventer | 2021 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Silver Winner : Baby Soap & news | 2021 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Silver Winner : Diaper Rash Cream | 2021 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Silver Winner : Air Disinfectant | 2021 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Silver Winner : Baby Wipes | 2021 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
Momami | Bronze Winner : Treatment Baby & Toddler Hair | 2021 Reader’s Choice Awards | Mothers & Beyond |
PROSPEK USAHA PERSEROAN
Pertumbuhan Ekonomi dan Demografi Populasi Indonesia
Pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan III-2022 tercatat sebesar 5,72% (yoy). Menguatnya pemulihan ekonomi ditunjukkan oleh pertumbuhan ekonomi Q3 2022 dibandingkan Q2 2022 sebesar 1,8% (qtq). Dengan tingkat pertumbuhan ini, level PDB nasional secara kumulatif s.d. triwulan III-2022 berada 6,6% di atas level kumulatif I-III 2019. Pada sisi pengeluaran, laju pertumbuhan konsumsi rumah tangga masih relatif tinggi sebesar 5,4% (yoy). Hal ini sejalan dengan beberapa indikator konsumsi masyarakat, termasuk rata-rata Indeks Penjualan Riil yang tumbuh 5,5% pada triwulan III-2022 Kinerja neraca perdagangan Indonesia juga masih kuat. Ekspor terus mencatatkan pertumbuhan yang tinggi, demikian juga impor tumbuh untuk mendukung kebutuhan pasokan produksi dalam negeri. Ekspor secara riil tumbuh 21,6% (yoy) di triwulan III-2022, sementara impor tumbuh 23,0% (yoy). Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi didorong oleh pertumbuhan positif seluruh sektor. Hal ini menunjukkan roda perekonomian kembali bergerak hampir merata di semua sektor ekonomi.
Sumber: https://www.kemenkeu.go.id/formasi-public/publikasi/berita-utama/Perekonomian-Indonesia-Triwulan-III-2022-5,7
Industri Bayi dan Anak di Indonesia
Menurut Euromonitor, sementara tekanan ekonomi yang diciptakan oleh pandemi COVID-19 menekan belanja konsumen, hal ini tidak memengaruhi pakaian anak-anak sebanyak pakaian pria atau wanita karena pakaian anak secara luas dianggap lebih penting. Pembelian dianggap tidak dapat dihindari untuk orang tua dari bayi, bayi dan anak kecil, yang tumbuh dari pakaian mereka dengan sangat cepat. Ukuran pasar pakaian bayi global adalah USD 62,04 miliar pada tahun 2019 dan diproyeksikan mencapai USD 82,54 miliar pada tahun 2027, menunjukkan CAGR sebesar 4,2% selama periode perkiraan. Tumbuhnya pengaruh media sosial dan tren mode yang berubah berdampak kuat pada industri pakaian anak-anak. Orang tua zaman modern tertarik pada pilihan pakaian untuk anak-anak mereka dan dengan demikian mendorong permintaan akan pakaian modis. Perkembangan ilmu kedokteran telah menghasilkan penurunan angka kematian bayi, yang pada gilirannya sangat mendukung konsumsi produk. Misalnya, sesuai laporan, World Mortality 2019' dari Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa, angka kematian bayi telah menurun sebesar 54% dari tahun 1994 hingga 2019, yang bernilai sekitar 28 kematian di bawah satu tahun.
President Director – Niraj Jain
Direktur – Jitin Singh Kapoor
Direktur – Lina Paulina
Komisaris Utama - Alptekin Diler
Komisaris – Hasan Sameer Abdulla Ahmed Alshuwaikh
Komisaris Independen – Oke Nurwan
Komisaris Independen – Adrian Colin Mckay
Komisaris – Manoj Bharwani
Ketua Komite Audit – Adrian Colin Mckay
Anggota Komite Audit - Serli Amelia
Anggota Komite Audit - Dodi Suparjo
Kepala Unit Audit Internal - Qory Mubarok
Anggota Unit Audit Internal – Benny Adimulyanto
Anggota Unit Audit Internal – Joylynn Soh
Sekretaris Perusahaan – Nauli Masitha Dewi